Ragu pake Linux?

Pertanyaan : Apa sih yang membuat kamu ragu pake Linux?  Ini mungkin pertanyaan konyol yang pernah kamu dengar. Tapi begitu banyak orang yang ragu menggunaka Linux dengan berbagai alasan.

Jawab :

  1. Linux itu susah.
  2. Terlalu banyak perintah teksnya.
  3. GUInya kurang bagus.
  4. Dan mungkin masih banyak alasan lain yang “tak masuk akal”.

Ada jawaban yang lain? Percaya atau tidak kalau kamu sudah pakai Linux, kamu akan tergila-gila dan kecanduan dengan Linux. Jawaban nomor satu : “Linux itu susah” iya itu benar sekali. Jawaban Anda tidak salah. Anda akan susah untuk tidak jatuh cinta dengan Linux setalah Anda mengenalnya dan mencobanya.

Susah, Anda akan kesusahan untuk menemukan Virus di Linux yang dapat melumpuhkan komputer. Ada banyak virus di Linux, ya, ternyata linux banyak virusnya. Coba saja Googling dengan kata kunci ‘Virus di Linux‘,’linux malware‘, dan kata kunci serupa lainnya. Anda akan menemukan banyak artikel yang membahas tentang virus yang bertebaran di Linux. Kebanyakan virus di Linux hanyalah merupakan proof of concept. Anda bisa membaca selengkapnya daftar virus dan malware yang pernah melanda Linux di https://help.ubuntu.com/community/Linuxvirus. Virus memang bisa memasuki sistem Linux, tapi virus di Linux tidak akan dapat berkembang.

Terlalu banyak perintah teksnya. Percaya deh, itu sudah kuno. Ya, itu alasan yang sudah kuno. Penggunaan perintah teks akan membuat kamu lebih ‘cerdas’ dan ‘kreatif’. Silahkan baca http://pakelinux.jejaring.info/2007/10/22/dogma-linux-command-line-interface/ untuk mengetahui beberapa kelebihan CLI (Command Line Interface) alias perintah teks. Terlepas dari semua itu, tidak semua pekerjaan kita akan menggunakan perintah teks. Misalnya kalau Anda bekerja di perkantoran yang setiap harinya bekerja dengan dokumen-dokumen word dan spreadsheet, masa iya Anda akan menulisnya dengan CLI. Yang Anda perlukan mungkin hanya OpenOffice/LibreOffice sebagai ganti Ms. Office. LibreOffice yang terbaru kini telah memiliki kompabilitas yang tinggi dengan berkas-berkas *.docx, *.xlsx, *.pptx dan lain-lain.

GUInya kurang bagus. Saran saya Anda mencoba dulu sebelum mengatakan demikian. Anda bisa lihat skrinsut desktop saya di http://www.facebook.com/media/set/?set=a.1938596864268.2098819.1222797485. Kalau desktop wiwin Anda bisa seperti punya saya, saya akan langsung pake Windows.😀

Silahkan buka youtube dan cari video dengan kata kunci “compiz fusion” atau “desktop linux” dan bandingkan dengan desktop jendela yang Anda punya. Masih bilang GUInya kurang bagus?

Dan alasan-alasan lain yang seringnya “tak masuk akal”. Mungkin alasan-alasan yang yang dimaksud di sini adalah misalnya “Saya pengin yang umum saja lah”, “Saya belum bisa Linux”. Mungkin wajar saja, setiap orang punya alasan sendiri-sendiri. Saya juga punya alasan mengapa saya lebih nyaman menggunakan Linux. Ya, kalau Anda tak memulai, Anda tidak akan pernah bisa. Jika Anda tak memulai membeli laptop dan menginstall wiwin di laptop Anda, mungkin Anda tidak akan pernah bisa menggunakan wiwin. Iya, kan?

“Saya pengin yang umum saja lah”, kalau umumnya laptop kena virus Anda juga pengin kena Virus? Kalau umumnya pake yang bajakan, Anda juga pengin pake yang bajakan? Untuk masalah yang bajakan-bajakan silahkan baca artikel teman saya tentang Fatwa MUI.

Nah, buat yang masih ragu dan belum yakin seperti apa sih kemampuan Linux itu ada cara aman untuk mencobanya, yaitu dengan distro Linux Live CD.

Distro Live CD ini tidak perlu diinstall di komputer. Cukup masukkan CD yang berisi distro tersebut di drive CD ROM, lalu restart komputer. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir seandainya sistem operasi lain yang sudah ada di komputer akan hilang.

Anda tertarik untuk mencobanya? Ada beberapa distro yang layak Anda coba, yaitu antara lain:

Referensi :

6 thoughts on “Ragu pake Linux?

  1. Salam kenal kembali pak Bambang… terima kasih atas masukannya…
    Entah mengapa waktu itu, saat saya menulis postingan yang satu ini dalam kondisi emosi sedang meningkat.,… jadi makin tidak karuan deh tulisannya….
    by the way… tema macubuntu kompatible dengan BlankOn saya enggak ya? soalnya belum tentu tema untuk ubuntu kompatible/bersesuaian dengan BlankOn.

Orang pintar pasti punya komentar___

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s