Sony Ericsson K750i sebagai Modem di Linux via Bluetooth

Telah banyak tutorial di internet yang telah membahas tentang bagaimana menyeting modem di Linux. Kali ini saya akan mendemonstrasikannya salah satu. Saya menggunakan LiveUSB Fusion Linux yang dapat Anda download di http://fusion.linux-id.net/download atau di http://fusionlinux.org. Perlengakapan yang saya gunakan antara lain sebuah bluetooth adapter, ponsel Sony Ericsson K750i kesayangan saya, dan sebuah PC Processor AMD, VGA nVidia, dan RAM 1,7 Gb. Anda bisa menggunakan PC dengan spek apapun dengan RAM minimum 512 Mb. Pastikan ponsel telah disetting GPRSnya, artinya ponsel telah dapat digunakan untuk browsingan/internetan. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Nyalakan komputer, dan atur agar BIOS dapat booting dari FlashDisk.

    Bluetooth Telah Aktif

  2. Tancapkan bluetooth adapter pada USB port pada CPU {tidak harus menunggu booting selesai, Anda bisa saja menancapkannya sebelum komputer dinyalakan}. Akan tampak logo khas bluetooth pada panel, klik ikonnya > Set up new device… > lalu akan muncul sebuah wizard {wahana} pemandu pemasangan device baru.

  3. Klik Forward,

    Penambahan Perangkat Bluetooth

  4. Oh, iya jangan lupa menyalakan bluetooh ponsel terlebih dahulu. Jika sudah, akan nampak daftar perangkat bluetooth dalam jangkauan. Jika sudah siap, biasanya akan muncul nama bluetooth ponsel kita {dalam hal ini nama ponsel saya ‘sam’}. Klik forward,

  5. Masukkan PIN yang diminta {akan tampil secara acak oleh komputer} agar komputer dan ponsel terhubung.

  6. Jika koneksi bluetooth berhasil akan muncul tampilan sebagai berikut ;

    Centang Akses Internet melalui ponsel

  7. Centang ‘Access the internet using your mobile phone (DUN)’, komputer akan mendeteksi koneksi internet dari ponsel. Ponsel akan meminta konfirmasi koneksi internet ponsel, tekan ‘ya/yes’.

    Mulai mengatur koneksi Internet

  8. Selanjutnya kita akan dibawa pada wahana pandu setting ‘New Mobile Broadband Connection’ klik forward.

  9. Pilih negara tempat kita tinggal > forward,

    Pilih Negara

  1. dan nama operator seluler yang kita gunakan. > forward

    Pilih Operator Seluler yang kita gunakan

  2. Tentukan APN (Access Point Name) sesuai dengan paket internet yang Anda pilih. Percobaan yang saya lakukan dengan APN default ‘telkomsel’ komputer dapat terkoneksi ke internet. Tentu saja karena saya menggunakan Telkomsel paket harian.

    Tentukan APN

  3. Komputer akan meminta password keyring baru jika Anda belum pernah mengaturnya sebelumnya. Saya sendiri belum mengerti gunanya. Ada yang bisa menjelaskan pada saya? Yang pasti yang saya tau, usahakan gunakan password yang mudah diingat. Meskipun menurut saya hal ini {keyring} tidak terlalu penting.

  4. Jika koneksi berhasil, akan nampak di NetworkManager applet sebuah koneksi ‘Available’ seperti tampak pada gambar berikut :

    Koneksi Berhasil/Tersedia

  5. Yang perlu dilakukan selanjutnya hanyalah mengklik koneksi yang baru saja kita buat. Tunggu beberapa saat hingga applet akan berubah ‘wujud’ menjadi seolah-olah telah terhubung dengan WiFi. Woow… WiFi? Ternyata ‘cumi’ alias cuma mirip.

    Modem Ponsel Bekerja dengan Baik

  6. Selamat Anda telah berhasil terhubung ke internet, sekarang saatnya untuk menguji koneksi. Buka browser kesayangan Anda dan rasakan koneksi lemot dari modem ponsel Anda. Akwkawkkawk…..

Ternyata ada berkahnya koneksi internet di warnet saya mati, yaitu saya bisa menulis postingan berupa panduan setting ponsel Sony Ericsson saya sebagai modem buat internetan. Tentu saja saya menulis postingan ini dalam kondisi offline. Akhirnya semoga bermanfaat.

Via Google Docs : 

Via ugm.ac.id : 

3 thoughts on “Sony Ericsson K750i sebagai Modem di Linux via Bluetooth

  1. Pingback: Linux Fusion - Indonesia |Sony Ericsson K750i sebagai Modem di Linux via Bluetooth

Orang pintar pasti punya komentar___

