Remaster BlankOn

Alhamdulillah, akhirnya bisa juga meremaster BlankOn meski baru tahap mencoba. Dalam meremaster BlankOn saya menggunakan remastersys yang memang dikhususkan untuk distro Ubuntu dan turunannya. Berikut ini adalah dokumentasinya :

Pastikan file-file temporary, cache, dan history browser telah dikosongkan.

Langkah pertama adalah menginstall remastersys :

$ pico /etc/apt/sources.list

Tambahkan baris berikut di akhir baris :

# Remastersys
deb http://www.geekconnection.org/remastersys/repository remastersys/

Kemudian simpan.

$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install remastersys

Setelah proses instalasi selesai klik menu Sistem > Administrasi > Remastersys backup ketikkan password root lalu enter. Akan muncul peringantan untuk menutup semua program yang sedang dijalankan, klik OK.
lokasi remastersys backup

Tampilan remastersys backup :
Tampilan remastersys backup

Pilihan
Backup = membackup seluruh sistem, termasuk data pengguna.
Dist = membuat salinan cd file sistem untuk dibagikan kepada teman, salinan file sistem dan iso akan dibuat.
Distcdfs = hanya membuat salinan cd file sistem, jika akan memberikan tambahan file untuk dimasukkan ke dalam cd.
Distiso = hanya membuat file iso, cd file sistem haru sudah dipersiapkan sebelumnya.
Modify = modifikasi file konfigurasi remastersys
Clean = menghapus file sementara/temporary [dalam hal ini file yang tersimpan dalam direktori kerja remastersys]
Info = tentang remastersys backup
Quit = menutup remastersys backup

Oiya, jangan lupa pastikan ruang hardisk kita mencukupi untuk melakukan remastering [min 3GB] tergantung seberapa banyak aplikasi yang telah diinstall.
Pilih ‘Modify’ dan sesuaikan pilihan dengan yang kita inginkan (weleh, ribet amat bahasanya) sebagai contoh :
Pilihan
Ganti CD Boot Method dengan GRUB.
GRUB
Saya sudah mencoba untuk pilihan ISOLINUX tapi gagal saat diujicobakan [mungkin perlu dioprek lagi], jadi pilihan jatuh pada GRUB.Klik OK.

Pilih ‘Distcdfs’ klik OK. Tunggu hingga proses backup selesai. Akan muncul folder baru pada direktori kerja [misalnya /home/samsul/remaster/remastersys] yang berisi :

-rw-r--r-- 1 root root 0 2011-06-08 00:29 cleantmpusers
drwxr-xr-x 11 root root 4096 2011-06-08 00:29 dummysys
drwxr-xr-x 6 root root 4096 2011-06-08 00:49 ISOTMP
-rw-r--r-- 1 root root 7758 2011-06-08 00:40 remastersys.log
-rw-r--r-- 1 root root 7 2011-06-08 00:29 tmpusers
-rw-r--r-- 1 root root 0 2011-06-08 00:29 tmpusers1
-rw-r--r-- 1 root root 7 2011-06-08 00:29 tmpusers2
-rw-r--r-- 1 root root 0 2011-06-08 00:29 tmpusers3

selanjutnya masuk ke direktori ISOTMP, dan edit file boot/grub/menu.lst

tambahkan kode ‘root=dev/ram‘ setelah boot=casper serta ganti ‘initrd.gz’ menjadi ‘initrd.img’


# By default, boot the first entry.
default 0


# Boot automatically after 30 secs.
timeout 30


color cyan/blue white/blue

splashimage=/boot/splash.xpm.gz

title Start Live CD Hasil Remaster in Graphical Mode
kernel /casper/vmlinuz file=/cdrom/preseed/custom.seed boot=casper root=/dev/ram quiet splash
initrd /casper/initrd.img

title Start Live CD Hasil Remaster in Safe Graphical Mode
kernel /casper/vmlinuz file=/cdrom/preseed/custom.seed boot=casper root=/dev/ram xforcevesa quiet splash
initrd /casper/initrd.img

title Start Live CD Hasil Remaster in Text Only Mode
kernel /casper/vmlinuz file=/cdrom/preseed/custom.seed boot=casper root=/dev/ram textonly quiet
initrd /casper/initrd.img

title Check the CD/DVD for defects
kernel /casper/vmlinuz boot=casper root=/dev/ram integrity-check quiet splash
initrd /casper/initrd.img

title Memory Test
kernel /boot/memtest

title Boot the First Hard Disk
root (hd0)
chainloader +1

kemudian simpan file tersebut, lengkapnya.

Langkah selanjutnya masuk ke direktori casper,

$ sudo cp /grub/boot/initrd.img-2.6.xx-xx-generic /home/samsul/remaster/remastersys/ISOTMP/casper
sesuaikan xx-xx dengan yang Anda miliki, kemudian rename
$ mv initrd.img-2.6.xx-xx-generic initrd.img

kembali ke aplikasi remastersys backup, sekarang telah siap untuk membuat file isonya. Pilih ‘Distiso’ untuk membuat file ISO dari ISOTMp yang telah dimodifikasi. Klik OK.
membuat file ISO remastersys

Sampai di sini proses telah selesai, sekarang tinggal diujicobakan. Saya menggunakan QEMU untuk mengujicobanya, dan hasilnya :
QEMU ujicoba hasil remaster

Demikian dokumentasi kali ini, mohon dikoreksi jika ada kesalahan dalam penulisan karena saya masih dalah tahap belajar.

Link pendek : http://wp.me/p1BbP6-C

UPDATE : Untuk update terbaru tentang remastersys silahkan kunjungi : http://www.remastersys.com/

Preferensi :
http://linuxindo.web.id
http://geekconnection.org/remastersys/
http://remastersys.sourceforge.net/tips.html

11 thoughts on “Remaster BlankOn

  1. wah trima ksih bnyak pak atas langkah2 meremaster blankon ini,
    kmaren sempat bingung knapa remastersys tidak berhasil2
    trnyata ad step2 nya…

  2. salam linux. Saya pengguna blankon 7 juga. remaster ini pernah saya coba dan berhasil. Sebelumnya saya menginstall semua aplikasi yg saya inginkan dan hasilnya 1,1Gb remaster ISO Blankon dan ditangan. waktu di tes dengan virtual box berhasil tapi shorcut untuk menginstall ke hardisk tidak ada ya? Ada pengalaman lain? Terima kasih sebelumnya

      • Salam Linux juga…. terus terang saya bukan pengembang BlankOn, saya hanya penggemar dan pengguna BlankOn. Jadi apa yang saya lakukan, dan saya tuliskan di sini hanyalah hasil dari pengalaman dan pengamatan saya. Saya juga punya pengalaman yang sama dengan Bapak. Setelah berhasil melakukan remastering, dan dicoba dengan mesin virtual memang ada beberapa paket yang “tidak ada” atau tidak sama dengan ketika menggunakan file ISO yang asli dari BlankOnnya (misalnya seperti yang Bapak alami).
        Dari pengamatan yang saya lakukan, ketika kita melakukan instalasi pada tahap akhir proses instalasi “secara diam-diam” ada beberapa paket yang dibuang antara lain gparted dan ubiquity. Nah ubiquity inilah yang kita gunakan untuk melakukan instalasi ke hardisk. Karena saat proses instalasi paket ini “dibuang”, maka jika kita hendak melakukan remastering, ada baiknya paket ini diinstall terlebih dahulu. Bisa melalui synaptic maupun terminal.
        Untuk tampilan panel yang ada di gambar pada postingan di atas, yang perlu Bapak pahami adalah bahwa saya masih menggunakan BlankOn Ombilin untuk ujicoba remastering. Bahkan hingga sekarang saya masih menggunakan Ombilin untuk pekerjaan sehari-hari. Salah satu alasan saya karena saya memiliki repository lokal sendiri. Mohon maafkan saya karena saya tidak menyebutkan hal tersebut di postingan.
        Demikian dari saya, semoga apa yang saya sampaikan tidak membuat Bapak bingung.

  3. mas,,saya dah ngikutin cara d atas..
    tapi kok waktu milih “modify” g ada pilihan buat ganti GRUB??
    saya make versi 2.0.18-1..

  4. wah saya coba ga bisa muncul pesan “Reading package lists… Done
    Building dependency tree
    Reading state information… Done
    Beberapa paket tidak dapat diinstal. Ini bisa berarti anda meminta
    sebuah situasi yang tidak memungkinkan atau jika anda menggunakan
    distribusi yang tidak stabil yang membutuhkan paket yang belum dibuat
    atau telah dihapus dari Incoming.
    Informasi berikut mungkin dapat memecahkan masalah:

    Paket berikut tidak memenuhi ketergantungan:
    remastersys : Depends: dialog tapi paket tersebut tidak dapat diinstal
    Depends: discover1 tapi paket tersebut tidak dapat diinstal atau
    discover tapi paket tersebut tidak dapat diinstal
    Depends: grub tapi paket tersebut tidak dapat diinstal
    Depends: libdebian-installer4 tapi paket tersebut tidak dapat diinstal
    Depends: ubiquity tapi paket tersebut tidak dapat diinstal
    Depends: xresprobe tapi paket tersebut tidak dapat diinstal
    E: Paket rusak

    mhn kirim solusi ke email kami, krn rencana kami ingin membuat rmastering blangkon-nama sekolah. terima kasih

Orang pintar pasti punya komentar___

